Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Experience : My Journey to Pass Cisco CCNA 200-301 Exam (Online Proctored Exam)

Ini tulisan sebenernya sekedar buat catetan personal aja, sebagai bukti rekam jejak kalau dulu pernah ambil exam CCNA. Kalau kebetulan ada pembaca yang lagi persiapan ujian sertifikasi apapun, mudah mudahan menginspirasi dan posting ini bisa ngasih info yang bermanfaat.


Awal Mula

Jadi sebelumnya mari kita mulai dengan sedikit flashback dan basa-basi, si penulis artikel ini adalah seorang lulusan SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, kemudian melanjutkan studi dengan kuliah ngambil jurusan S1 Sistem Komputer di sebuah kampus swasta di Bali. Iya kampus swasta, kampus yang punya tagline "selalu jadi yang pertama" 😁 

Waktu kuliah sempat 2x ngewakilin Bali untuk ikut seleksi nasional peserta Asean Skill Competition bidang IT Network System Administration (Lomba kompetensi untuk orang-orang muda dengan batasan max usia 22 tahun), dan sayangnya kagak lolos buuooosss!!! Rada kecewa sih karena udah banting tulang belajar pagi siang malem dan emang faktanya saingan setingkat nasional itu asli jago-jago semua. Salah satu yang benar-benar getol dipelajari saat itu adalah Cisco terutama materi Routing & Switching. Kala itu kepikiran untuk ngambil CCNA-RS (biar kagak rugi belajar berbulan bulan, padahal mah kepedean doang haha) dan sempet kepikiran untuk ambil MTCNA juga, tapi karena ada kesibukan lain, bokek dan kebanyakan mikir akhirnya tak satupun sertifikasi jadi diambil.

Singkat cerita, setelah lulus kuliah memutuskan untuk bekerja dan beberapa kali pindah kantor, mulai dari jadi IT di Hotel *3 sampe hotel *5, dan terakhir jadi Network/System Administrator di sebuah studio animasi yang punya sister company di UK dan US. Beruntungnya adalah, di situ ada program akreditasi untuk team IT yang mana untuk posisi gw kebagian sertifikasi CCNA (karena basic emang jaringan).

Pertrainingan Duniawi

Wacana akreditasi untuk posisi gw mulai bergulir di caturwulan ketiga 2022 (setidaknya saat itu gw baru mulai mendengarnya), waktu itu udah mulai belajar tapi gak terlalu nge-push, disamping karena sibuk dengan kerjaan dan kurang update sama silabus Cisco terkini. Rencana awal adalah certified by the end of 2022, tapi tertunda lagi karena terkendala tidak kunjung ketemu vendor training yang cocok secara budget dan metode pembelajaran (management berharap bisa online class). 

Masalah perburuan dan komparasi vendor pelatihan masih berlangsung sampai awal tahun 2023, dan ketika udah dapat vendor yang dirasa cocok, di bulan januari dan februari gagal daftar lagi karena keburu kehabisan kelas. Sampai akhirnya di akhir maret berhasil daftar kelas CCNA online (fast-track) di vendor "3 huruf". Durasi trainingnya 4 hari, dari 6 April - 10 April dari jam 10 pagi - 6 sore. 

Training hari pertama pun tiba, sebuah permulaan yang dihiasi rasa kebingungan karena mulai trainingnya telat dan yang join di online room cuma peserta. Sekitar 15 menit baru kemudian trainernya online dan training pun dimulai dengan perkenalan yang dilanjutkan dengan pengenalan apa itu Cisco, produknya apa aja, roadmap sertifikasinya seperti apa, cara daftar ujian Cisco gimana, lanjut kemudian ke basic TCP/IP, OSI Layer, IP addressing/subnetting, initial Cisco device setup, DTP dan sedikit materi switching (VLAN).

Training hari kedua full ngebahas switching. Yang termasuk switching itu VTP, port security, CDP-LLDP, ether channel, DHCP dan yang paling besar volumenya adalah spaning-tree.

Training hari ketiga didominasi oleh materi favorit gw yaitu routing, baik itu static maupun dynamic routing protocol, tapi yang dibahas cuma OSPF, iya OSPF doang, kenapa? Karena di CCNA 200-301 cakupan materinya udah diperbarui, protokol macem RIP, EIGRP, BGP hanya sebatas disinggung istilah dan gambaran umum protokol itu sendiri (atau mungkin kebetulan dibahas dikit karena trainer gw lagi baek aja haha). Satu hal menarik dari routing protokol proprietary milik Cisco a.k.a EIGRP, sekarang udah jadi Open-Standard (bisa dipake oleh vendor lain) tapi Cisco sendiri gak bener-bener ngebuka resep rahasia dibalik routing protocol mereka (yakaliii udah susah susah research ngembangin  routing protocol tapi digelar begitu aja ke publik), dan sampe sekarang pun gw belum menemukan router non Cisco yang bisa ngejalanin EIGRP.

Training hari keempat alias hari terakhir materinya campur-campur, mulai dari ACL, NAT, VPN (kalo gw sih lebih suka nyebut tunnel, karena yang diajarin waktu itu cuma GRE yang mana by default GRE itu kaga ada enkripsinya haha), IPv6, FHRP dan pengenalan+basic automation. 

Sebagai bocil yang mulai mengenal Cisco di era dengan roadmap spesifik (Routing and Switching), gw merasa CCNA 200-301 ini materinya tidak terlalu deep tapi bentangan materinya sangat luas. Kenyataannya, ketika ujian akan muncul soal-soal tentang automation, SDN, dan teknologi wirelessnya Cisco yang mana di daerah gw rata-rata infrastruktur wireless didominasi oleh perangkat selain Cisco, kalo mau beli perangkatnya buat nge-lab ya mikir mikir juga karena harganya kagak murah. Bisa sih pake Cisco Packet Tracer, tapi tetep aja ngonfig di lab sama ngonfig perangkat sungguhan itu beeeddaaaaa, apalagi di CPT banyak limitasinya dan entah kenapa versi yang baru rada berat dan cenderung lelet.

Btw, di hari terakhir training gw juga memutuskan untuk book tanggal ujian di akhir April (tanggal 27 jam 9 pagi), kira-kira 3 minggu setelah training selesai. Bukan karena merasa udah jago dan paham semua materi sih, lebih ke tekanan harus segera certified karena planning sertifikasinya udah molor jauh dari akhir 2022 haha. Waktu itu gw minta lembaga trainernya yang daftarin sekalian booking exam schedule yang online di https://cp.certmetrics.com/cisco, sebenernya bisa dilakukan sendiri, tapi karena trainingnya itu sepaket sama didaftarin ujian, jadi gw terima beres aja. Kenapa pilih ujian online? Ya balik lagi ke alasan tadi, ada tuntutan kudu segera lulus CCNA dan di daerah gw kagak ada Cisco Partner/test site.

Proctored Exam Online? kek gimana tuh?

Exam online Cisco CCNA ini modelannya jawab soal-soal sembari diawasi sama pengawas (proctor) via webcam, dan microphone. Kalo gw pribadi bilang persiapannya perlu effort yang gak main-main bree, baik itu persiapan belajar maupun sumber daya pendukung (ruangan steril, komputer yang prima, internet anti ngadat). Pertama, kita kudu nyiapin ruangan yang steril dan bebas gangguan baik itu suara suara aneh apalagi gangguan dari orang selain peserta. Dari cerita temen, bahkan gak boleh ada benda yang gak berhubungan sama ujian di dalam ruangan (remote AC, cable extention, dll). Kedua, nasib ujian bergantung sama koneksi internet, tau sendiri kan internet di negara tercinta ini sering batuk-batuk. Kalo internet putus di tengah tengah ujian, resiko duit melayang.

Ketika ujian berlangsung, lu juga gaboleh keluar dari area yang terpantau sama webcam, nutupin wajah pake tangan, baca soal keras-keras (apalagiii teriak!!), intinya arah pandangan dan gerak-gerik saat mengerjakan ujian adalah suatu hal yang sangat ditekankan. 

Secara garis besar, proses untuk bisa ujian online kayak begini:
  1. Daftar ujian di pearsonvue/certmetrics, loginnya pake akun netacad.com (single sign on alias SSO). Intinya pilih opsi yang berkaitan dengan penjadwalan di bawah menu Schedule.

  2. Ketika udah diarahkan ke tab baru, pilih Proctored Exam dan cari opsi untuk ujian CCNA 200-301 (pastiin nomor/kode ujiannya yang berupa angka udah sesuai)



  3. Pilih online at my home or office. Nanti akan muncul instruksi apa-apa aja yang harus diperhatikan untuk bisa ujian online, lalu pilih next


  4. Setelah itu akan muncul opsi pilih bahasa ujian, cuma ada bahasa Jepang dan Inggris.
  5. Habis pilih bahasa ujian, akan dimintai persetujuan terkait kebijakan/peraturan terkait ujian. Intinya pilih Yes/Centang/Agree, kalo ada yang disagree ya otomatis kagak bisa booking ujian.
  6. Pilih bahasa Proctor (pengawas), cuma ada English sama Jepang juga. Btw, pastiin lu milih bahasa yang bisa dipake untuk berkomunikasi sama proctor alias pengawasnya. Sebelum ujian nanti ada verifikasi ruangan dan peralatan yang pastinya lu kudu berkomunikasi sama proctornya, bisa chat bisa juga lisan.
  7. Selanjutnya, pilih time zone sesuai daerah tempat lu mau ngelaksanain ujian. Kalo udah bener, pilih Yes, that's right. Dilanjutin dengan pilih tanggal dan jam mulai ujian. Biasanya ada banyak opsi jadwal mulai dari pagi subuh sampe larut malam, pilih yang sekiranya cocok sama kondisi tempat lu. Ingat! HARUS bebas gangguan dan internet lancar! Kalo udah, pilih book this appointment.
  8. Selanjutnya sih adalah proses bayar, bisa pake kartu kredit. Bagian ini gw gabisa tunjukin karena akun gw belum lewat 180 hari setelah ujian terakhir, jadi muncul kayak begini.
  9. Kalo pembayaran udah beres, jadwal ujian akan muncul di cp.certmetrics.com/cisco (menu Schedule). Semua informasi terkait pendaftaran bakal masuk ke email yang dipakai untuk akun netacad. Jangan lupa, perhatiin bener bener jam dan tanggal yang udah dijadwalkan, karena 30 menit sebelum jam mulai exam adalah kesempatan untuk check in dan verifikasi ruang ujian+identitas (foto selfie, foto ruangan kiri kanan depan belakang, foto ID card).

Gw awalnya milih ujian mulai jam 9 pagi, tapi akhirnya reschedule ke jam 6.45 biar estimasi selesainya sebelum orang-orang kantor pada kerja (khawatir internet terganggu karena banyak user). Jauh jauh hari sebelum book jadwal ujian gw coba test koneksi internet pake Onvue system test untuk ngecek apakah sistem dan koneksi yang gw pake layak atau nggak untuk dipake ujian online.

Gw pake sebuah ruangan di kantor dan mengalokasikan bandwidth 100 Mbps (di kantor pake internet dedicated, bukan broadband). Awalnya ngetest 30-40 Mbps juga masih bisa meskipun beberapa kali gak pass, tapi gw cari aman aja karena ketika run system test gw lihat traffic bisa naik sampe 30an Mbps, kalo alokasi 100 Mbps berarti kan masih ada headroom lega.

Setup ruang ujian gw kurang lebih kayak begini:




Di kantor gw kebetulan ada ruangan yang dipake buat recording, jadi ada sound proofing krat telor ala ala, dan itu kagak wajib buat ujian CCNA!! Mau tembok bata juga boleh, yang penting ruangannya tertutup/private dan gak ada orang lain yang bisa ngintip apalagi masuk ketika elu ujian. Kalo ada jendela, pastiin agak ngejauh dari jendela dan jendela+pintu dikunci dari dalam.

Meja minjem sama Operational Manager di kantor gw, dan kagak mesti bulet, awalnya gw pake meja yang ada lacinya, akhirnya ganti karena takut kagak lolos verifikasi ruangan hehehe. 


The Exam Day

Di hari ujian, gw ke kantor dan datang jam 5.30 pagi. Kenapa sepagi itu? Karena ujian gw mulai jam 6.45 yang artinya jam 6.15 (30 menit sebelumnya) udah kudu mulai check in dan verifikasi. Jam 6.05 udah standby di ruangan sambil bawa HP dan SIM (driving license).

Jam 6.15 teng langsung klik link System Test lanjut klik link Check in to start exam yang ada di email.


Proses check in yang gw alami agak sedikit kurang smooth, pas bagian test internet connection sempat gagal 2x dan ketika submit foto ID (SIM) sempat ditolak, untung di percobaan berikutnya semuanya lancar. Intinya proses check in mencakup foto selfie di background yang clear, foto ruang ujian kiri kanan depan belakang, foto ID card/pasport.

Setelah semua data berhasil disubmit, apps yang di komputer bakal ngarahin ke halaman tunggu. Kebetulan waktu itu antreannya cuma 1 alias cuma gw doang. Karena gak sabaran, gw klik tombol chat dengan harapan proctornya segera muncul, nunggu sekitar 3 menit akhirnya direspon dan ada semacam soal-soal dummy yang gak terlalu relate dengan ujian, tujuannya untuk membiasakan peserta dengan environment ujiannya, jawab sebisanya dan pastiin ngerti mekanisme menjawab soalnya.
Proctornya nyapa lebih dulu (via text) tapi kita juga bisa nanggepin langsung dengan lisan (pake bahasa inggris karena waktu daftar gw piliha bahasa inggris), tapi proctornya cuma bales via chat, kaga ikutan lisan.

Sebelum mulai ujian, gw diminta ngarahin webcam ke arah meja untuk mastiin kalau meja bener-bener clean. Karena persiapan udah beres, gw langsung gas start exam.

Kalau jumlah soal dan durasi udah banyak yang bahas di forum forum ya (takut kalo nyebut dimari dipentung karena ada NDA), jadi gak usah gw sebut lagi di sini. Yang jelas gw berusaha ngerjain soal secepat dan se-teliti mungkin sekalipun itu udah tau jawabannya yang mana, tetep baca soalnya tanpa melewatkan 1 kata dan tanda baca pun.

Kenapa harus super teliti? Karena ujian CCNA gak bisa mundur ke soal yang udah dijawab, sekali klik next udah gabisa balik lagi.

Kenapa berusaha jawab secepat mungkin? Kan waktunya terbatas, dan gw jaga jaga spare waktu untuk soal-soal yang rumit, panjang dan mengandung jebakan betmen.

Gw menyelesaikan exam dalam waktu kurang dari 2 jam (masih ada sisa waktu 20an menit, lupa tepatnya berapa). Tanpa pikir panjang, setelah sesi proctored exam berakhir gw langsung ngisi feedback form dan kemudian tancap gassss ke halaman certemetrics untuk mastiin hasil exam gw. Dan kabar baiknya adalah gw PASS alias memenuhi passing grade untuk dinyatakan lulus.



Sertifikat yang dalam bentuk PDF gak langsung muncul saat itu juga, tapi sore hari sekitar jam 6 sore gw cek lagi baru muncul, beserta dengan digital badge (cek email juga). 
Dan 2 hari setelah ujian, gw nerima email kalau gw juga bakal dikirimi printed certificate. Jadi nanti kita tinggal ikuti instruksi di email aja.

Post CCNA Exam

Gimana rasanya setelah berhasil lulus ujian CCNA? Seneng sih, begitu banyak malam yang dilalui dengan begadang dan tidur hanya 3-4 jam (pernah juga sampe gak tidur) demi belajar dan nge-lab.

Tapi yang paling mendasar adalah menyandang status pemegang sertifikat CCNA merupakan sebuah tanggung jawab yang gak mudah, bagaimanapun juga sertifikasi itu adalah salah satu cara untuk membuktikan kalau kita memang kompeten di suatu bidang dan kemampuan itu harus dipertahankan, ditingkatkan dan dipertanggungjawabkan di dunia kerja. Masih banyak level yang lebih sulit dan harus dijajal jika memang serius di suatu bidang khususnya jaringan komputer, masih ada CCNP, CCIE dan sertifikasi lainya. 

Tips Belajar ala Gw

Gw sendiri ngumpulin beberapa bahan belajar, mulai dari download dummy/dump CCNA dari internet, ebook pdf official CCNA yang tebelnya beratus-ratus halaman, beli course CCNA di udemy, dan ikut training tentunya.

Total efektif belajar cuma sekitar 4 bulan (3 bulan rada selow, 1 bulan terakhir belajar gaspol banting tulang). Gw lebih banyak belajar dengan cara pagi hari jawabin soal dump sebanyak 120 dalam waktu 120 menit, apapun hasilnya gw simpen untuk melihat progress gw apakah trednnya naik atau turun. Setelah jawab soal, gw lanjut dengan nonton video dan nge-lab (PTC, GNS3 atau apapun itu lakuin aja semasih ada waktu). Makin banyak pengalaman ngonfig, makin bagus. 
Malam hari latihan soal lagi dengan skema 120 soal/120 menit. 
Untuk beberapa hal yang cenderung menghapal, gw tulis tangan untuk memaksa diri gw mengingat lebih cepat (ini preferensi pribadi sih).

Gw gak terlalu pelajarin ebook nya Cisco official guide yang tebelnya minta ampunnn itu, bukan karena ngerasa udah jago, tapi karena perlu belajar yang cepet dan langsung kepada intinya. Dipelajarin sih, tapi langsung ke bagian tertentu aja kalau dirasa perlu referensi/penjelasan yang lebih detail.

Apakah ujian CCNA perlu ngoprek langsung pake perangkat Cisco sungguhan? Kalau dari apa yang gw alamin, menurut gw sih gak mesti. Kalau CCNP dan CCIE baru gw yakin perlu banyak ngonfig perangkat beneran. Kalo gw sendiri kebetulan dulu udah pernah belajar ngonfig switch dan router Cisco sungguhan (di lab kampus, di kantor juga ada pake Cisco), jadi gw mensyukuri itu sebagai modal tambahan gw untuk menghadapi ujian. 

Intinya, pemahaman teori dan praktek itu harus seimbang, jangan cepet merasa puas apalagi jumawa.
  • Usahakan temukan mentor dan komunitas pendukung yang bisa diajak komunikasi 2 arah (bisa ngasih feedback).
  • Pastikan belajar dengan konsisten, kalau bisa tiap hari, jangan sampe hari ini belajar sampe teler, besok-besoknya kagak belajar. Memang butuh pengorbanan (main game, ajakan teman hangout, mungkin kalo punya pacar jadi kurang punya waktu pacaran, kalo ada kerjaan lain mungkin jadi agak terkesampingkan).
  • Jaga mental dan fisik tetep sehat, menghadapi ujian dalam keadaan tertekan kemungkinan besar gak bakalan memberi hasil baik (pengalaman pribadi, keburu nervous dan mules nahan pengen moncor gara gara makan pedes sebelum ujian UEWA).
  • Dan yang paling penting (setidaknya menurut gw pribadi), BERDOA!
Sebagai penutup, gw minta maaf kalau postingan ini rada gajelas dan banyak kekurangannya. Untuk kalian yang sedang berjuang dan memperisapkan diri menghadapi ujian sertifikasi gw doakan semoga sukses dan lulus! SEMANGAT!!!

Post a Comment for "Experience : My Journey to Pass Cisco CCNA 200-301 Exam (Online Proctored Exam)"