Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkuman CCNA 200-301 - Mengenal Cisco dan Roadmap Sertifikasinya

Disclaimer

Tulisan ini dibuat sebagai rangkuman dari serangkaian proses belajar CCNA 200-301 yang sudah dilalui penulis, baik itu dari belajar mandiri, belajar dari buku, training, dll.
Tidak ada jaminan dari penulis jika terdapat ketidaksesuaian karena adanya perubahan kebijakan dari Cisco maupun karena perkembangan teknologi di masa mendatang.

Lebih Mengenal Cisco dan Roadmap Sertifikasinya

Cisco merupakan sebuat perusahaan yang mengembangkan, memproduksi dan menjual perangkat network seperti router, switch, AP, security device, voip, dll. Menurut penjelasan instruktur gw sewaktu training, perusahaan ini bermula dari pasangan suami istri Len dan Sandy Bosack ngebikin sebuah perangkat jaringan (gateway) yang bisa menjembatani komunikasi antar komputer. Di tahun 1984 mereke membuat sebuah produk dengan nama cisco (pake c kecil) dan seiring berjalannya waktu, perusahaan tersebut tumbuh menjadi perusahaan yang semakin besar dan mengubah nama menjadi Cisco System, Inc di tahun 1992.

Teknologi Beken Yang Dimiliki Cisco

  • Cisco Internetwork Operating System (IOS)
    Ini adalah sistem operasi yang dibikin khusus untuk perangkat Cisco. Di masa kini sudah ada banyak versi Cisco IOS yang dikembangkan tersendiri untuk berbagai lini perangkat Cisco seperti FX-OS buat firepower, NX-OS untuk produk Nexus, Unified dll. IOS ini sekilas terdengar mirip dengan operating sistem milik Apple, tapi tidak ada konflik dan tuntut-menuntut karena konon katanya meski nama produknya sama, tapi bergerak di bidang yang berbeda.
  • Cisco Digital Network Architecture (DNA)
    Ini adalah produk Cisco yang fungsi utamanya untuk monitoring, troubleshooting, otomatisasi di jaringan yang kelasnya enterprise. 
  • Software-Defined Access

Bagian Utama dari Perangkat Cisco

Router ataupun switch Cisco secara struktur mirip dengan PC, tapi beda ukuran dan peruntukannya. Berikut bagian-bagiannya:
  • RAM, Fungsi utama RAM pada router adalah menyimpan konfigurasi yang sedang berjalan (running configuration) dan sistem operasi IOS yang aktif, menyimpan routing table, menangani cache ARP, dll. Sifat RAM adalah volatile alias isinya bakal hilang kalau device direstart/shutdown.
  • NVRAM (Non Volatile RAM), untuk menyimpan konfigurasi start-up, kalau di Cisco sebutannya start-up configuration. 
  • FLASH MEMORY, untuk menyimpan IOS (Operating System Image). Memory ini bisa menyimpan berbagai versi software IOS. Tergolong EEPROM dan tidak volatile .
  • ROM, selanjutnya ROM buat nyimpen bootstrap yang berfungsi untuk proses booting perangkat atau Power On Self Test (POST).
  • INTERFACE, merupakan komponen eksternal dari suatu router. Ada banyak macamnya dan kompatibilitasnya perlu diperhatikan antara interface dengan perangkat routernya.

Sertifikasi Yang Disediakan oleh Cisco

Ada beberapa level sertifikasi Cisco, dari paling bawah (Associate) sampai paling tinggi (Expert) dan di tiap level ada sub-bidang lagi yang disebut track. Skema sertifikasi Cisco sudah berubah, kalau awalnya dipecah menjadi Routing and Switching, Wireless, VOIP dll, sekarang skemanya dibuat seperti pada gambar berikut.


  • Associate
    CCNA (Cisco Certified Network Associate) adalah sebutan sertifikasi di level awal. Sertifikasi ini meliputi pengetahuan tentang jaringan dasar, network access (Switching), IP connectivity (Routing), IP services, security fundamental, automation dan programmability. CCNA ini ada pembagian lagi jadi beberapa track, diantaranya Enterprise, CyberOps dan DevNet Associate. Untuk menyandang predikat CCNA, wajib lulus 1x ujian dengan kode 200-301.
  • Professional
    Ini setingkat di atas CCNA, untuk mendapatkan gelar Cisco Certified Network Professional (CCNP) harus menyelesaikan 2 ujian yaitu 350-401 ENCOR dan (pilih salah satu) Concentration Exam, contohnya 300-410 Enterprise Advanced Routing and Services (ENARSI) untuk yang mau menempuh track enterprise.
  • Expert
    Ini level tertinggi dari sertifikasi Cisco. Gak banyak info yang gw punya tentang sertifikasi ini. Tapi ada beberapa track juga di dalamnya dan sepertinya lebih banyak berupa lab pake perangkat sungguhan.
Lebih detailnya, bisa dilihat di sini.



Post a Comment for "Rangkuman CCNA 200-301 - Mengenal Cisco dan Roadmap Sertifikasinya"