Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelajaran Ketika Layanan Microsoft Teams dan Office 365 Pagi-pagi Tumbang


Pagi ini, hari kamis tanggal 21 Juli 2022 sejak jam 9 pagi banyak user yang mengeluhkan layanan dari Microsoft khususnya Teams dan Office365 tidak bisa diakses. Hal ini tentu saja membuat jagat maya menjadi geger. Dan sebagai anggota tim IT yang menjadi key person untuk urusan Network di kantor, tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan lonjakan notifikasi karena tentu saja outage tersebut berdampak buruk ke kantor tempat saya bekerja yang notabene ditenagai oleh 300++ orang tiba-tiba kerjaannya menjadi terhambat. 

Cek ke situs Downdetector, menunjukkan kalau memang issue ini terjadi secara worldwide. 

Teams Down! Screenshot dari situs Downdetector tanggal 21-07-2022


Begitu juga di Twitter, akun Microsoft 365 Status membuat posting yang membenarkan jika sedang ada issue pada layanan mereka. Dan usut punya usut, konon katanya layanan Microsoft mengalami down karena ada masalah yang timbul dari proses deployment yang mereka lakukan, yang ternyata menimbulkan masalah akses ke sistem storage internal mereka. 

Hingga akhirnya sekitar jam 11.45 baru bisa lagi mengakses apps Teams yang mana itu artinya layanan sudah mulai pulih.

Tweet dari Microsoft 365 Status terkait layanan down



Sedikit tips untuk mensiasati issue serupa, khususnya kalau kamu menjadi orang IT atau orang dengan peran yang bergantung dengan media komunikasi digital di kantor.
  • Punya plan B, jika biasanya Teams adalah media komunikasi utama di kantor, pastikan kamu dan rekan kantor lainnya punya media komunikasi lain seperti misalnya WhatsApp, Telegram atau semacamnya.
  • Top level management biasanya akan menyoroti IT ketika terjadi masalah dengan hal yang berkaitan dengan teknologi (sekalipun itu bukan kesalahan IT), siapkan data terkait issue yang sedang terjadi, misalnya dengan cek downdetector, akun resmi service provider, tanya temen di kantor tetangga, jika memungkinkan coba tanya juga ke service provider berapa lama estimasi waktu sampai layanan pulih kembali.
  • Jika sudah punya data yang cukup, segera blast info ke tim/rekan kantor dengan bahasa yang mudah dimengerti. Dan tidak lupa pikirkan juga hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi proses kerja yang terganggu selama terjadi outage.


Post a Comment for "Pelajaran Ketika Layanan Microsoft Teams dan Office 365 Pagi-pagi Tumbang"