Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Apa itu OSI Layer dan Trik Menghapalnya

OSI atau Open System Interconnection adalah sebuah konsep atau model yang dijadikan standar komunikasi dalam jaringan komputer, standar ini menjadi pakem berbagai vendor untuk memungkinkan produk mereka bisa saling berkomunikasi. Analoginya seperti si A yang berasal dari negara Singapura supaya bisa ngobrol dengan si B yang berasal dari Indonesia, maka harus ada kesepakatan yang menjadi standar mereka berkomunikasi.

Standar OSI dibuat oleh organisasi yang bernama ISO (International Organization for Standardization) pada tahun 1977 di Eropa. Memahami standar atau model ISO ini sangat penting baik itu dari segi akademis (sering muncul saat ujian jaringan komputer) dan juga sangat bermanfaat ketika melakukan troubleshooting maupun pengembangan aplikasi dengan kemampuan komunikasi melalui jaringan komputer. Jika digambarkan, OSI layer tampak kurang lebih seperti berikut :


Dan berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing layer:

Application
Fungsinya sebagai antarmuka aplikasi. Kalau analoginya surat-menyurat atau berikirim email, di application layer terjadi proses menulis surat, dan layer ini juga mengatur bagaimana aplikasi bisa mengakses jaringan (kalau berikirim email berarti pakai protokol SMTP) dan juga mengatur pesan kesalahan yang mungkin muncul.
Protokol yang ada di layer ini diantaranya : SSH, RTSP, RPC, SMB, NTP, HTTP dll.

Presentation
Berfungsi untuk melakukan translasi data yang hendak dikirim oleh layer aplikasi ke dalam format data tertentu (misal dari teks yang diketik sebagai body email menjadi format ASCII). Proses enkripsi (penyandian/scrambling) dan dekripsi serta kompresi juga dilakukan di layer ini.

Session
Berguna untuk menentukan bagaimana koneksi antara local application dan remote application dapat dibuat (initiation), dimaintain (monitor), atau dihancurkan (termination). Dalam layer ini juga memungkinkan terjadi Authentication, Authorization dan Session Restoration.
Analoginya, dalam layer ini email atau surat sedang siap-siap untuk dikirim.
Pada layer Application hingga Session, umumnya data disebut PDU (protocol data unit) atau data saja.
Protokol yang ada di layer ini diantaranya : SCP, PPTP, NetBIOS, PAP dll.

Transport
Bertugas untuk mengirimkan dan mengawasi sampai diterima ke alamat tujuan (analoginya adalah kurir atau kantor pos yang mana mereka punya aturan tersendiri dalam mengirim surat). Dalam jaringan komputer, layanan yang tersedia di layer ini diantaranya adalah Flow Control, Congestion Avoidance, dll. Pada layer ini data berbentuk Segment.

Protokol yang ada di layer ini : TCP, UDP, dll.

Network
Layer ini bertugas untuk menentukan jalur pengiriman paket yang berisi data email/surat dengan melihat source dan destination. Routing, host addressing dan message forwarding terjadi di layer ini. Pada layer ini data berbentuk Packet.
Protokol yang bekerja di layer network : ICMP, IGMP, IPv4, IPv6 dll.

Data Link
Lapisan ini mengatur tentang pengiriman data antar perangkat yang bersebelahan baik itu secara WAN maupun dalam LAN. Pada lapisan ini layanan encapsulation, frame synchronization, logical link control (error & flow controll) dan Media Access Controll (MAC, LAN switching, VLAN, dll) berlangsung. Lapisan data link menyediakan kemampuan deteksi terhadap error yang mungkin muncul pada lapisan Physical. Pada layer ini data berbentuk Frame.
Protokol yang bekerja di layer ini : PPP, ARP, FDDI, Ethernet, IEEE 802.11, dll.

Physical
Layer ini mendefinisikan media transmisi jaringan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan, topologi dan pengkabelan. Hal-hal seperti penentuan tegangan, kecepatan dan besaran-besaran fisik antar hardware dilakukan.
Protokol yang bekerja di layer ini : Ethernet family (10BASE-T, 10BASE2, 10BASE5, 100BASE-TX, 100BASE-FX, 100BASE-T, 1000BASE-T, 1000BASE-SX), GSM, ISDN dll.


Contoh gambaran proses pengiriman dan penerimaan data berdasarkan OSI model


Trik menghapal OSI Model
Mengutip dari blog kang Nasohi (Btw, dulu pernah bertanding dengan doi di seleksi Asean Skill Competition tahun 2015 untuk bidang IT Network System Administration dan doi berhasil lolos sampai ASC di Kuala Lumpur). 

Ada dua trik yang bisa dipakai untuk mengingat lapisan OSI model, yang pertama adalah
Anak - Pak - Soleh - Tidak - Nakal dan - Pintar

atau yang berbahasa Inggris
P
lease Do Not Throw Sausage Pizza Away


Sumber:
https://nciptandani.blogspot.com/2016/11/cara-memahami-dan-menghafal-model-osi.html
http://www.9tut.com/ 
https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:OSI_Model_v1.svg
https://osi-model.com/physical-layer/
https://onlinelearning.binus.ac.id/computer-science/post/7-osi-layer

Post a Comment for "Memahami Apa itu OSI Layer dan Trik Menghapalnya"