Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konfigurasi Firewall Untuk Mengatasi WhatsApp Voice Call Stuck di Connecting

Dalam dunia perjaringan komputer ada beberapa situasi tertentu yang memaksa supaya hanya service atau layanan tertentu saja yang bisa diakses oleh client. Sepertinya halnya di kantor saya baru-baru ini menerapkan kebijakan baru bahwa whatsapp call harus diizinkan melalui layanan wifi publik.

Awalnya sih tidak terlalu ambil pusing karena berasumsi palingan cuma allow beberapa port dan host tertentu. Dan setelah mencoba browsing, ternyata sangat banyak sumber dengan data referensi yang berbeda-beda (moral value-nya, jangan menganggap enteng pekerjaan apapun haha!). Bahkan sempat stuck di voice call yang cuma muncul tulisan Connecting ketika melakukan call via public wifi.



Setelah sekian kali trial and error dan tanya ke vendor yang jadi supplier firewall di kantor, akhirnya ketemu racikan yang pas. Berikut port yang harus di-allow di firewall supaya bisa melakukan whatsapp call:

TCP : 80, 443, 5222, 5223

UDP : 3478


Btw, itu semua ditaruh di rule yang outgoing ya, dan mungkin port 80 bisa saja dihilangkan dari list, tapi saya sendiri belum sempat coba karena belum sempat mengakses firewall. Let's see next time...

Post a Comment for "Konfigurasi Firewall Untuk Mengatasi WhatsApp Voice Call Stuck di Connecting"