Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mematikan Windows 10 Update dengan Batch Script [100% worked!]

Pada umumnya pembaruan atau update dari pengembang aplikasi memberikan patch atau peningkatan performa, akan tetapi tidak sedikit pula yang menemukan masalah setelah melakukan update khususnya pada sistem operasi Windows. Selain mem-break sistem yang sebelumnya sudah stabil, seringkali proses  update memakan banyak data internet dan kemudian memaksa untuk melakukan update di waktu yang tidak tepat seperti saat bekerja dan jam genting lainnya.

Tips berikut bisa dicoba untuk mendisable atau mematikan windows update secara paksa.

1. Buka Notepad, lalu copy paste baris perintah berikut. Simpan file tersebut di folder C:\script dengan nama script.bat

sc config "wuauserv" start= disabled
sc stop "wuauserv"



2. Buka Task Scheduler (Run as Administrator), lalu buat sebuah basic task dan atur intervalnya agar run daily setiap 1 menit (sebenarnya setiap 5 menit juga cukup, bisa disesuaikan dengan kondisi atau keinginan masing-masing).





3. Pada bagian action, pilih start a program dan arahkan kolom program ke file script.bat yang tadi sudah dibuat. Lalu klik next.

4. Pada window sumarry, klik Open the Properties dialog for this task when I click Finish.

5. Pada window task properties dialog, atur opsi seperti pada gambar

6. Selanjutnya, klik tab Triggers. Klik baris entry yang muncul, lalu klik edit. Pada opsi Repeat task every atur sesuai keperluan, di sini saya pilih 5 menit. Lalu klik OK.


7. Kembali ke tab General dan klik OK untuk mengakhiri proses. Isikan credentials administrator pada popup yang muncul. Tunggu beberapa saat, maka service windows update akan terdisable seterusnya selama basic task tersebut masih enable.

Jika ingin mematikan task tersebut, bisa ke Task Scheduler > klik kanan pada task disable windows update > disable.














Post a Comment for "Cara Mematikan Windows 10 Update dengan Batch Script [100% worked!]"